Cara membuat virtual drive menggunakan software alcohol 120%

Virtual Drive merupakan solusi yang menjawab kebutuhan komputer yang membutuhkan CD/DVD untuk menjalankan suatu program. Dengan adanya virtual drive ini, maka program dapat dijalankan tanpa harus meng-insert CD/DVD aslinya. Beberapa software virtual drive yang cukup terkenal antara lain Diamond dan Alcohol 120%. Saya sendiri menggunakan Alcohol 120% karena lebih mudah pemakaiannya. Bagi anda yang ingin mendownload software tersebut, saya berikan cuma-cuma di sini (karena software tersebut bajakan, maka anda harus mem-patch-nya).

Download Alcohol 120%+patch

Setelah anda mendownload software tersebut, maka install dan jalankan (jangan lupa di-patch). Apabila anda ingin membuat drive ‘bohongan’ dan duplikat CD/DVD tertentu , lakukan hal berikut:

1. Pada tampilan standar Alcohol 120%, lihat jendela sebelah kiri. Klik [Options] pilih [Virtual Drive]

2. Pada kotak dialog, pilih jumlah virtual drive yang anda inginkan [Number of Virtual Drives] dengan cara men-scroll angka ke bawah. Klik [OK] sesudahnya, maka virtual drive anda akan dibuat.

3. Untuk menciptakan duplikat CD/DVD anda, maka lihat jendela sebelah kiri, klik [Main] pilih [Image Making Wizard].

4. Pada kotak dialog, pilih drive tempat anda meng-insert CD/DVD asli yang akan diduplikasi. Dalam hal ini anda harus menggunakan DVD-ROM yang sesungguhnya. Klik [Next] jika anda sudah menentukan drive anda

5. Selanjutnya pilih lokasi di mana anda akan meletakkan duplikat CD/DVD yang akan anda buat. Sebagai contoh, buatlah di My Document.

6. Klik [Start] di bagian bawah kotak dialog, maka Alcohol 120% akan membuat duplikat CD/DVD anda. Tunggu hingga selesai.

7. Untuk menggunakan duplikat CD/DVD anda (anda boleh menyingkirkan CD/DVD asli), maka pada tampilan standar Alcohol 120% akan muncul daftar CD/DVD yang sudah anda buat duplikatnya. Klik kanan lalu pilih virtual drive di manaanda akan menggunakannya. Sebagai contoh, apabila virtual drive anda adalah H:, I:, dan J:, klik kanan image duplikat CD/DVD anda, pilih [Mount on Device] lalu pilih [F:SCSIVAX DVD/CD-ROM (0)].

8. Untuk meyakinkan bahwa virtual drive anda benar-benar telah berfungsi, lihat apakah drive H di My Computer telah ter-load CD/DVD yang dimaksud.

9. Setelah itu, maka program yang dimaksud (game, e-book, dll) siap digunakan.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: