PCI Express

PCI Express (Peripheral Component Interconnect Express),resmi disingkat sebagai PCIe (atau PCI-E, seperti yang biasa disebut), merupakan standar kartu ekspansi komputer yang dirancang untuk menggantikan PCI yang lebih tua, PCI-X, dan standar AGP. PCIe 2,1 adalah standar terbaru untuk kartu ekspansi yang tersedia pada komputer pribadi mainstream

PCI Express digunakan di konsumen, server, dan aplikasi industri, sebagai tingkat-motherboard interkoneksi (untuk menghubungkan motherboard-mount peripheral) dan sebagai antarmuka kartu ekspansi untuk Penambahan papan sircuit. Perbedaan kunci antara PCIe dan bus merupakan topologi sebelumnya didasarkan pada link serial point-to-point, daripada sebuah arsitektur bus paralel bersama.

Interface PCIe listrik juga digunakan dalam berbagai standar lainnya, terutama laptop ExpressCard antarmuka kartu ekspansi.

Secara konseptual, bus PCIe dapat dianggap sebagai pengganti serial kecepatan tinggi yang lebih tua (paralel) PCI / PCI-X bus. Pada tingkat perangkat lunak, PCIe menjaga kompatibilitas dengan PCI, sebuah perangkat PCIe dapat dikonfigurasi dan digunakan dalam aplikasi legacy dan sistem operasi yang tidak memiliki pengetahuan langsung tentang fitur PCIe yang lebih baru (namun Anda tidak dapat menyisipkan kartu PCIe ke dalam slot PCI). Dalam hal protokol bus, PCIe komunikasi dirumuskan dalam paket. Karya depacketizing packetizing dan lalu lintas data dan status-pesan yang ditangani oleh lapisan transaksi port PCIe (dijelaskan kemudian). Perbedaan radikal listrik sinyal dan protokol bus memerlukan penggunaan faktor bentuk yang berbeda mekanik dan ekspansi konektor (dan dengan demikian, motherboard baru dan papan adaptor baru).

Arsitektur

PCIe, tidak seperti standar ekspansi PC sebelumnya, disusun sekitar link serial point-to-point, yang sepasang (satu di setiap arah) membentuk suatu jalur, melainkan dari sebuah bus paralel bersama. Ini jalur yang diarahkan oleh hub di papan-utama bertindak sebagai switch crossbar. Perilaku ini point-to-point dinamis memungkinkan lebih dari satu pasang perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain pada waktu yang sama. Sebaliknya, antarmuka PC tua itu semua perangkat kabel secara permanen pada bus yang sama, sehingga hanya satu perangkat bisa mengirimkan informasi pada satu waktu. Format ini juga memungkinkan pengelompokan channel, di mana beberapa jalur dijamin ke pasangan perangkat tunggal untuk menyediakan bandwidth yang lebih tinggi.

Jumlah jalur yang dinegosiasikan saat power-up atau secara eksplisit selama operasi. Dengan membuat jalur hitungan fleksibel, sebuah standar tunggal dapat menyediakan untuk kebutuhan kartu bandwidth tinggi (misalnya, grafis, 10 Gigabit Ethernet dan Gigabit Ethernet multiport kartu), sedangkan yang kurang ekonomis untuk dari sebuah kartu.

Tidak seperti standar antarmuka ekspansi PC sebelumnya, PCIe merupakan sebuah jaringan dari koneksi point-to-point. Hal ini menghilangkan kebutuhan untuk arbitrase bus atau menunggu bus yang akan bebas, dan memungkinkan komunikasi full duplex. Sementara standar PCI-X (133 MHz 64 bit) dan PCIe × 4 memiliki kira-kira kecepatan transfer data yang sama, PCIe × 4 akan memberikan kinerja yang lebih baik jika pasangan beberapa perangkat berkomunikasi secara bersamaan atau jika komunikasi antara pasangan perangkat tunggal bidirectional.

Spesifikasi Format dipelihara dan dikembangkan oleh PCI-SIG (Special Interest Group PCI), sebuah kelompok lebih dari 900 perusahaan yang juga mempertahankan spesifikasi PCI konvensional.

Interconnect
PCIe perangkat berkomunikasi melalui koneksi logis disebut interkoneksi atau link. link adalah saluran komunikasi point-to-point antara 2 port PCIe, yang memungkinkan baik untuk mengirim / menerima biasa PCI-permintaan (konfigurasi membaca / menulis, I / O membaca / menulis, memori baca / tulis) dan memotong (INTx, MSI , MSI-X). Pada tingkat fisik, link terdiri dari 1 atau lebih jalur. peripheral berkecepatan rendah (seperti kartu Wi-Fi 802.11) menggunakan jalur-tunggal (× 1) link, sedangkan adapter grafis biasanya menggunakan link 16-lane lebih luas (dan dengan demikian, lebih cepat).

PCI Express (standard)
Kartu PCIe akan masuk ke dalam sebuah slot ukuran fisik atau lebih besar, tetapi tidak dapat masuk ke dalam slot PCIe lebih kecil. Beberapa slot menggunakan soket terbuka untuk mengizinkan kartu fisik lagi dan akan bernegosiasi terbaik tersedia sambungan listrik. Jumlah jalur benar-benar terhubung ke slot mungkin juga kurang dari jumlah didukung oleh slot ukuran fisik. Contohnya adalah sebuah slot x8 yang benar-benar hanya berjalan pada × 1; slot ini akan memungkinkan semua kartu × 1, × 2, × × 4 atau 8 untuk digunakan, meskipun hanya berjalan pada kecepatan × 1. Jenis soket digambarkan sebagai × 8 (× 1 mode) slot, berarti secara fisik menerima hingga × 8 kartu tetapi hanya berjalan pada kecepatan × 1. Keuntungan yang diperoleh adalah bahwa berbagai kartu PCIe yang lebih besar masih dapat digunakan tanpa membutuhkan hardware motherboard untuk mendukung penuh transfer rate, yang menjaga biaya desain dan implementasi ke bawah.

PCI Express Mini Card
PCI Express Mini Card (juga dikenal sebagai Mini PCI Express, mini PCIe, dan Mini PCI-E) adalah pengganti untuk faktor bentuk Mini PCI berdasarkan PCI Express. Hal ini dikembangkan oleh PCI-SIG. Perangkat host mendukung PCI Express dan USB 2.0, dan menggunakan setiap kartu mana desainer merasa paling tepat untuk tugas itu. Kebanyakan laptop yang dibangun setelah 2005 didasarkan pada PCI Express dan dapat memiliki beberapa Kartu mini slot.

External PCIe video cards
Secara teoritis, Eksternal PCIe notebook bisa memberikan kekuatan grafis dari desktop, dengan menghubungkan notebook dengan kartu desktop video PCIe (terlampir dalam perumahan sendiri eksternal), namun hanya satu produk diselesaikan dan dua produk konsep ada. Ketiga memberikan kekuatan kartu video untuk menampilkan eksternal saja, dan semua terhubung ke notebook melalui sebuah antarmuka ExpressCard, yang membatasi bandwidth dari × 16 disisipkan kartu video (4 GB / s di setiap arah), hanya × 1 (250 MB / s di setiap arah)

IBM / Lenovo juga termasuk slot PCI-Express pada mereka Advanced Docking Station 250310U. Ini menyediakan slot berukuran setengah dengan slot x16 panjang, tapi hanya x1 konektivitas. Namun, stasiun docking dengan slot ekspansi menjadi kurang umum sebagai laptop yang mendapatkan kartu video lebih maju dan baik DVI-D interface, atau DVI-D untuk replikator melewati pelabuhan dan stasiun docking.

Selain itu, Nvidia telah mengembangkan Quadro Plex eksternal PCIe Video Card yang dapat digunakan untuk aplikasi grafis canggih. Kartu-kartu video PCI Express membutuhkan × 8 atau × 16 slot untuk kabel interkoneksi. AMD baru-baru ini mengumumkan teknologi ATI XGP berdasarkan solusi pemasangan kabel milik yang kompatibel dengan sinyal transmisi PCIe.

Lihat artikel selengkapnya disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: