Buat Partisi Baru DiWindows 7

Terkadang kita membeli laptop dengan OS windows 7 hanya memiliki 1 partisi saja.. nah sekarang saya akan coba memberikan penjelasan bagaimana membuat partisi baru dengan menggunakan OS windows 7.

Untuk memulainya teman2 bisa mengetikkan di kolom search “disk management” tanpa tanda kutip ya…

Lalu pilih ‘Create and Format Disk Partitions’.

Setelah itu akan tampak menu :

Skenario saat ini, saya akan mencoba membagi sedikit ruang pada drive F pada laptop saya.

Pada gambar diatas, terdapat 32.84 GB pada drive F.

dan saya akan mengambil 10 GB untuk drive baru yang akan saya bentuk.

Klik kanan pada drive yang ingin dibagi. Lalu pilih ‘Shrink Volume’.

Lalu, berikan nilai pada drive baru yang akan dibentuk (dalam MB). Saya memberi nilai 10 GB atau 10000 MB.

Klik ‘Shrink’.

Lalu akan terbentuk drive baru dengan volume 9.77 GB *system tidak full memberi ruang

Nah langkah selanjutnya, klik kanan pada drive baru, lalu pilih ‘New Simple Volume’.

Klik ‘Next’

Berikan nilai pada ‘Simple Volume Size in MB’, lalu klik ‘Next’.

Nah, disini, anda dapat memberikan nama pada drive baru tersebut, silahkan memilih ‘Assign The Following Drive Letter’, saya memilih drive I saja.]

Pada gambar diatas, format drive tersebut dengan memberi centang pada ‘Format This Volume With The Following Settings’. dan berikan file system (apakah menggunakan FAT32 atau NTFS) lalu berikan nilai DEFAULT pada Allocation Unit Size dan pada Volume Label anda dapat memberikan label sesuai keinginan anda. Lalu klik ‘Next’ dan ‘Finish’.

Lalu drive baru anda telah dibentuk.

Selamat mencoba…..

 

Tinggalkan Balasan

