Menyembunyikan File Didalam Gambar JPG

Jika ingin menyembunyikan file pada hard disk drive, Teman2 mungkin telah membaca banyak artikel bagaimana cara menyembunyikan sebuah file. Metode yang digunakan diantaranta adalah dengan cara merubah attribute suatu file agar file tersebut tidak terlihat secara kasat mata. Selain merubah attribute file, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menyembunyikan file mengenkripsi data, membuat password file dan beragam cara lainnya.

Diantara banyak cara tersebut, ada cara yang mungkin tidak pernah Teman2 bayangkan sebelumnya yaitu menyembunyikan file di dalam sebuah gambar berformat JPG. Tips ini merupakan tips sederhana karena hanya memerlukan sebuah aplikasi untuk mengkompress file seperti WinZip, WinRar atau 7Zip dan sebuah DOS Command dari sistem operasi Windows.

Teman2  dapat menyembunyikan berbagai macam file, mulai dari file text, music, video, gambar atau file lain. Nilai lebihnya, Teman2 tidak perlu lagi terganggu dengan enkripsi, code program dan hal teknis yang lain.

Sebagai contoh, sekarang kita coba praktekkan bagaimana menyembunyikan file dalam sebuah gambar JPG dengan menggunakan aplikasi Rar dan DOS Command.

  • Buat sebuah folder pada drive D dengan nama test (Nama folder test hanya sebagai contoh, Teman2 dapat menggantinya dengan nama yang anda inginkan).
  • Copy semua file yang ingin kita sembunyikan dan copy sebuah  gambar berformat JPG pada folder yang baru saja kita buat.
  • Perhatikan ukuran asli gambar.jpg.

Caranya adalah sebagai berikut :
Masuk ke Command Prompt DOS atau cmd melalui menu Run lalu ketikan barisan perintah berikut :
“copy /b  gambar.jpg + data.rar gambar_baru.jpg”


NB:
Nama gambar disesuaikan dengan nama file gambar kita begitu pula dengan nama data rar kita dan copyan hasil dari penggabungan file diatas dapat anda beri nama sesuai dengan yang Teman2 inginkan karena tidak akan mempengaruhi file yang akan kita sembunyikan.
Setelah Teman2 selesai dengan perintah diatas maka Teman2 akan mendapat sebuah file yang dengan format .jpg yang apabila dibuka hanya akan terlihat gambar biasa saja. Secara kasat mata orang lain hanya akan melihat gambar tersebut tanpa menyadari bahwa di dalam gambar tersebut ada data dalam bentuk rar / zip.

Nah, mudah bukan apabila Teman2 ingin membuka data rar Teman2 kembali cukup anda klik kanan pada file gambar tersebut lalu pilih opsi open with winrar dan data rahasia anda akan terbuka seperti biasa.

 

Ditulis dalam Tips komputer. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Menyembunyikan File Didalam Gambar JPG”

  1. Kelvin Says:

    Numpang lewat,,,,,,

    dari pada musti repot-repot pakai cmd, kan sudah ada aplikasinya
    tinggal di download aja, he he he,,,,,

    http://www.4shared.com/file/bD5LTx5X/Zip_to_Image.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: