Menipu Pengunjung dengan Auto Content


www.erlinet.wordpress.com

 

Bercerita tentang pengalaman pribadi saya dengan mesin pencari Google. Ketika saya sedang mencari informasi, muncullah sebuah website yang cukup sering nongkrong di halaman pertama untuk beberapa keyword yang saya coba. Namun setelah saya berkunjung ke sana, saya cukup kecewa karena ternyata tidak ada informasi yang saya cari. Yang ada malah link-link hasil pencarian dari mesin pencari Google. Suatu informasi yang bisa Teman2 dapat langsung dari Google! Teman2 akan dibawa berputar-putar di situs tersebut. Bahkan yang lebih parah lagi, ada situs yang bila linknya diklik hanya akan menampilkan halaman serupa, tidak seperti Google yang membawa kita ke situs sebenarnya.
Auto Content atau lengkapnya Auto-Generated Content adalah suatu teknik membuat konten secara otomatis dari berbagai sumber, kadang memang ada yang berguna, namun sayangnya kebanyakan para pembuat situs itu hanya mengambil hasil pencarian di Google kemudian menampilkannya di situs mereka. Karena beberapa faktor kelemahan Google dalam menyaring situs spam seperti ini, semakin lama akan semakin bertambah situs Auto Content yang akan menghiasi halaman pencarian Google. Beberapa dari mereka yang menggunakan teknik ini mengatakan kalau hasilnya cukup menakjubkan, bisa menaikkan traffic sampai buuanyak kali lipat dalam hitungan jam sampai hari.
Bagaimana kita mengenali Website Auto Content? Mudah saja! Sampai tulisan ini dibuat, format website Auto Content di mesin pencari umumnya adalah seperti ini:
http://www.namadomain.com/search/keyword1+keyword2+keyword3+dst
perhatikan tanda ” + ” dan tanda ” – ”
misalnya di google teman2 nulis judul lagu dipencarian google ”aku ingin pulang” nah pas di google muncul keterangan dan link situs nya.
Perhatikan url situs nya .
Misalkan situsnya http://www.namadomain.com/aku-ingin-pulang (ini contoh yang link nya ga nipu)
kalo http://www.namadomain.com/aku+ingin+pulang (ini link nya nipu )
Tidak menutup kemungkin akan berkembang format baru nantinya (seperti mengganti tag “search” dengan tag yang lain). Jadi, ketika saya menemukan URL seperti itu saya akan berpikir 1000 kali untuk mengekliknya. Ini yang saya sebutkan di atas bahwa Auto Content dapat merugikan website Anda sendiri. Brand website Anda akan jatuh karena telah dicap sebagai Website Auto Content.
Mungkin banyak yang berpendapat, “Ah… peduli apa branding. Yang penting ranking dan traffic blog saya naik”. Yakin? Untuk traffic, Google sandbox rasanya masih cukup luas menampung website-website yang “nakal.” Sedangkan untuk ranking, Google jelas-jelas menyebutkan hal ini: Google will take action against domains that try to rank more highly by just showing scraped or other auto-generated pages that don’t add any value to users. Examples include: Auto-generated content: Content generated programatically. Often this will consist of random paragraphs of text that make no sense to the reader but that may contain search keywords.
Dan sebagai pamungkasnya, Google telah membuka sebuah page yang dapat digunakan oleh siapa saja pengguna Google untuk melaporkan situs-situs yang dianggap spam di https://www.google.com/webmasters/tools/spamreport
Cara lain untuk mengenali website Auto Content adalah dengan cara membandingkan antara umur domain dengan jumlah halaman yang terindex. Kalau domain baru 1 tahun rasanya mustahil kalau page yang terindex sampai jutaan kan?

Ditulis dalam info. 2 Comments »

2 Tanggapan to “Menipu Pengunjung dengan Auto Content”

  1. fadelinsnai Says:

    Ooo auto content ya namanya,
    itu tuh yang ngeganggu di hasil pencarian google,
    cara efektif buat ngilanginnya gimana?


Tinggalkan Balasan

