Support untuk Windows XP SP2 segera berakhir


www.erlinet.wordpress.com

Apa Itu Service Pack ?

Service Pack merupakan kumpulan atau koleksi update, perbaikan atau tambahan fitur untuk sebuah software/program yang di distribusikan dalam bentuk sebuah paket installasi. Karena merupakan kumpulan berbagai perbaikan, biasanya ukurannya cukup besar.

Windows XP ( 32 bit ), sampai saat ini sudah sampai tahap Service Pack 3 (SP3), yang sebelumnya sudah ada SP1 dan SP2. Kebanyakan berisi perbaikan celah keamanan yang muncul atau kesalahan program, meskipun untuk SP2 disertakan juga berbagai tambahan fitur untuk Windows XP.

Untuk Windows XP SP1, microsoft sudah mengakhiri dukungannya sejak 10 Oktober 2006, dan sebentar lagi Windows XP SP2 juga akan berakhir. Menurut Microsoft, Windows XP SP2 akan berakhir tanggal 13 Juli 2010. Sedangkan untuk SP3 masih di support sampai 8 April 2014.

Apa Dampak jika Service Pack Berakhir ?

Jika kita menggunakan Windows XP SP2 dan dukungan (support) sudah berakhir, maka kita tidak akan menerima update atau perbaikan lagi dari Microsoft. Atau dengan kata lain, Microsoft tidak menyediakan update dan perbaikan lagi, setelah tanggal itu, meskipun Windows tetap akan bisa digunakan seperti biasa.

Tetapi dengan tidak adanya support (dukungan), bisa berakibat cukup fatal bagi keamanan komputer kita, terutama ketika komputer terkoneksi ke Internet. Sebagai Sistem operasi yang paling banyak digunakan, windows XP banyak menjadi sasaran (serangan). Semakin lama, semakin banyak ditemukan celah keamanan yang berbahaya, sehingga bisa berakibat fatal semisal komputer dikendalikan dari tempat lain, mudah terserang virus, worm, trojan dan lainnya.

Dengan adanya Service Pack, celah keamanan tersebut biasanya segera diatasi atau minimal bahaya yang bisa ditimbulkan lebih berkurang.

Apa Solusinya ?

Jika masih menggunakan Windows XP, maka alternatifnya adalah segera menginstall Service Pack 3, karena supportnya masih berlanjut sampai tahun 2014. Jika komputer hanya digunakan di rumah dan tidak digunakan untuk online (koneksi internet), maka installasi SP3 bukan kebutuhan yang mendesak. Jika kita ingin menginstall SP3, windows minimal harus sudah di install SP1.

Download Service Pack 3 dapat langsung didapatkan dari situs Microsoft (download SP3) atau dari alamat lainnya seperti softpedia. Ukurannya memang lumayan besar, sekitar 316 MB. Sebelumnya SP3 juga disediakan beberapa majalah komputer lokal.

Ditulis dalam info. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: